Penyakit Kulit Panu

Salah satu penyakit yang paling sering terjadi pada penyakit kulit adalah penyakit kulit panu. Penyakit kulit ini ditandai dengan bercak putih dan gatal jika terkena keringat. Penyakit ini mudah sekali menular, baik secara langsung melalui sentuhan kulit penderita yang terkena panu atau melalui barang-barang yang dipakai penderita. Penyebab dari penyakit kulit panu ini adalah infeksi jamur Malazessia furfun yang berkembang biak secara aktif di permukaan kulit. Daerah yang sering diserang jamur ini, yaitu punggung, leher, tengkuk, dan dada. Penyakit ini terutama menyerang orang yang banyak mengeluarkan keringat dan kurang menjaga kebersihan kulit.

Pencegahan penyakit kulit panu adalah :

  1. Selalu menjaga kebersihan kulit, mandi minimum 2 kali sehari.
  2. Gunakan pakaian bersih yang mudah menyerap keringat
  3. Jangan gunakan pakaian, handuk, atau saputangan yang dipakai penderita

Penyakit kulit panu tidak hanya muncul di punggung atau dibadan saja, namun juga di kulit wajah yang bsa dihinggapi virus. Tumbuh bintil-bintil halus dikulit. Atau mungkin dihinggapi jamur kulit, sering penyakit panu (tinea versicolor). Penularan terjadi sehabis tidur dibekas pengidap panu diwajah, misalnya.

Jika panu diwajah tidak segera diobati, panu bisa terus melebar dan biasanya sukar hilangnya. Bercak panu, selain merusak pemandangan pada wajah, terkesan penyakit yang bikin turun kepercayaan diri. Masalah kulit lainnya jika terbentuk bercak menyerupai panu, namun bukan panu.

Pengobatan herbal untuk penyakit kulit panu adalah :

Bahan ;

  1. 30 g daun ketepeng china segar
  2. Kapur sirih secukupnya

Cara  membuat :

  1. Cuci bersih daun ketepeng china haluskan lalu tambahkan seikit kapur sirih
  2. Gosokkan pada bagian kulit yang terkena panu

Selain dengan beberapa cara diatas, khasiat bunga melati juga dapat digunakan sebagai obat panu yang menyerang kulit. Gosokkan bunga ini pada bagian kulit yang terkena panu hingga bunga tersebut sampai berwarna kehitaman. Lakukan setelah mandi.

Atau dengan menggunakan ramuan obat panu seperti dibawah ini :

Bahan : Rimpang lengkuas 1 jari, bawang putih 1 umbi, dan jeruk nipis 1 buah

Cara pembuatan : Lengkuas dan bawang putih ditumbuk halus dan dicampur air jeruk nipis

Cara pemakaian :  Oleskan ramuan ke bagian kulit yang terkena panu secara teratur.

Panu pada umumnya dapat diobati dengan zat pembunuh jamur (fungional) asam salisilat, adakalanya dalam kombinasi dengan asam benzoate. Penyakit panu biasanya diderita oleh orang yang kurang menjaga kebersihan kulitnya. Untuk mengobatinya Anda dapat menggunakan beberapa cara berikut ini. Pertama ambillah 1/8 rimpang llengkuas, giling halus, lalu tambahkan minyak kelapa, dan oleskan pada kulit yang terserang panu. Kedua, ambil biji atau buah daun jinten secukupnya, cuci bersih, lalu giling halus, dan tempelkan pada bagian yang terkena kurap/panu. Ketiga ambillah 1 lembar daun brojo lintang haluskan, kemudian bubuhkan pada bagian yang terkena panu.

 

 


=====================================

>>> Super Green Plus G2 Untuk Mengobati PANU & Penyakit Kulit Lainnya, Klik Detail disini!
=====================================


This entry was posted in Obat Panu and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>