Tips Menghilangkan Panu

Panu adalah jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur. Penyakit kulit ini banyak ditemui di daerah tropis dan lembab. Panu berwarna pucat, keputih-putihan atau putih kelabu, hingga merah, tergantung dari warna kulit penderitanya. Penyakit ini mudah menular dan terasa gatal bila sedang berkeringat.

Definisi medisnya, panu adalah infeksi jamur superfisial yang ditandai dengan adanya makula di kulit, skuama halus, disertai rasa gatal. Infeksi jamur superfisialis yang kronis dan asimtomatis disebabkan oleh Malassezia furfur menyerang stratum korneum dari epidermis.

Penyakit Kulit Panu

Sebagian besar kasus panu ini terjadi akibat aktivasi dari malassezia furfur akibat adanya perubahan keseimbangan flora normal kulit. Faktor yang dapat mempengaruhi keseimbangan tersebut antara lain adalah faktor lingkungan dan suseptibilitas individual. Faktor lingkungan yaitu faktor kelembaban kulit, sedangkan faktor individual yaitu penyakit yang mempengaruhi imunitas, malnutrisi, penggunaan obat-obatan yang menurunkan imunitas dan adanya kecenderungan genetik (keturunan). Akibat kondisi tersebut, malassezia furfur akan berkembang menjadi bentuk miselial yang bersifat patogenik yang terlihat secara klinis sebagai penyakit panu.

Penyakit ini paling banyak dijumpai pada usia belasan, walaupun pernah dilaporkan pada usia yang lebih muda dan tua. Penyakit ini terutama ditemukan pada daerah yang menghasilkan banyak keringat, karena jamur ini hidup dan berkembang biak dari hasil metabolisme sebum. Biasanya terdapat pada bagian atas dada dan meluas ke lengan, leher, perut, kaki, ketiak, pelipatan paha, muka, dan kepala. Penyakit ini terutama ditemukan pada daerah yang tertutup pakaian yang bersifat lembab. Keluhan ini pada awalnya timbul bercak yang berwarna coklat, bercak putih yang disertai dengan rasa gatal terutama pada waktu berkeringat. Bercak putih tersebut disebabkan oleh asam dekarboksilase yang dihasilkan oleh jamur yang bersifat kompetitif inhibitor terhadap enzim tirosinase dan mempunyai efek sitotoksik terhadap melanosit yang menghasilkan pigmen warna pada kulit.

Untuk mencegah timbulnya penyakit ini, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan, di antaranya :

- Jaga kesehatan anggota tubuh
- Biasakan tidak memakai peralatan mandi bergantian, seperti handuk
- Setelah habis setiap olah raga ada baiknya langsung mandi dengan menggunakan sabun anti-septik
- Selalu mengkonsumsi Vitamin C

Cara Mengobati Panu

1. Buah Pala

Bahan-Bahan :

- Buah pala secukupnya
- Belerang secukupnya
- 1 sendok makan minyak kelapa

Cara Pemakaian :

- Buah pala dan belerang ditumbuk sampai halus
- Kemudian dicampur minyak kelapa, lalu dipanaskan
- Setelah dingin oleskan pada kulit yang terkena panu

2. Daun Tembakau

Bahan-Bahan :

- Daun tembakau secukupnya

Cara Pemakaian :

- Daun tembakau ditumbuk halus
- Kemudian dioleskan pada kulit yang terkena kadas.
- Lakukan secara teratur 2 kali sehari.


=====================================

>>> Super Green Plus G2 Untuk Mengobati PANU & Penyakit Kulit Lainnya, Klik Detail disini!
=====================================


This entry was posted in Obat Panu and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>